Jumat, 24 April 2009

Peezy @ Kompas Muda, 24 April 2009 halaman 41


Jangan Cuma Berani Mimpi

berikut kutipan dari Kompas Muda, 24 April 2009 halaman 41

Pengin kayak Bill Gates, bos Microsoft yang terkenal seantero dunia yang tajir abis itu? Atau, pengin kayak Mark Zuckerberg, "penemu" situs pertemanan Facebook yang kita buka setiap hari?

...begitu banyak bidang usaha yang bisa kita jajaki mulai dari sepatu lukis dan kaleng lukis multiguna sampai produk yang amat khas yang berkaitan dengan toilet. Minggu lalu, ada pameran bisnis kreatif yang digelar di Radio Prambors di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Pada pameran yang memang ditujukan bagi kaum muda ini, ditampilkan berbagai produk dari para pelaku wiraswasta muda. Di sini ada produk tas khusus laptop.., boneka rumput.., PEEZY atau semacam pispot berjalan khusus untuk erempuan yang terbuat dari kertas tahan air agar pemakinya enggak bersentuhan dengan dudukan toilet, sampai pakaian dalam yang bisa dipesan sesuai keinginan konsumen.

......

Di sini juga ada produk unik, PEEZY, atau semacam pispot berjalan. "Ide awalnya dari fakta kesehatan bahwa dudukan toilet mengandung banyak kuman. Jadilah sebagian teman perempuan malas ke toilet umum. Maka, lahirlah PEEZY," kata bos PEEZY, Audric (19).

Selain berbahan tahan air, bisa dibawa ke mana saja, harganya relatif murah Rp 5.000,- untuk satu paket berisi 3 lembar PEEZY. "Produk ini sudah ada di beberapa aotek. Kami lagi negosiasi agar bisa masuk ke jaringan toko obat besar di Jakarta," tambah Audric.

Ide mereka relatif orisinal dan bisa dilakukan meski dengan modal terbatas. Makanya, buat kamu yang punya cita-cita menjadi wiraswasta, jangan cuman bisa mimpi dong... (DOE)

-----------------

Selain berbicara mengenai PEEZY dan event Prambors "Ini Bisnis Gue" (18/4/09) kemarin,  pada artikel tersebut juga disisipkan beberapa tips untuk menekuni bdang wiraswasta dari muda. Ini kutipannya dari Kompas Muda sebagi berikut:

1. Mulailah "bermimpi" tentang bisnis yang pengin kammiliki. Mimpi itu penting karena impian inilah yang akan menjadi "pembimbing" tentang apa yang harus kamu lakukan.

2. Bermodal nekat dan berani mencoba. Maksudnya, enggak usah gentar untuk mewujudkan impian kamu. Enggak usah terlalu banyak pertimbangan, tetapi segera lakukan. Terlalu lama berpikir-pikir bisa bikin rencana usahamu gagl dimulai

3. Mamfaatkan sekaligus perluas jejaring untuk mencapai cita-cita. Jangan malu bertanya dan membuka kesempatan untuk bertemu dan blajar pda orang lain. Siapa tahu mereka bisa menjadi pembuka jalan kesuksesan bisnis kamu.

4. Cari informasi sebanyak mungkin tantang berbagai hal yang berhubungan dengan rencana bisnis kamu. Ini bisa lewat internet, seminar bisnis, dan bebagai cara lain.

5. Rekrut mereka yang punya visi dan misi sama, tetapi dengan keahlian yang berbed. Dengan begitu, kalian akan saling melengkapi dan enggak berebut ahan pekerjaan.

6. Kamu harus punya etos kerja yang keras, jangan mudah menyerah.

7. Sabar. Apapun yang sudah kamu usahakan, tetaplah bersabar menjalankan bisnismu. Kalau kamu serius dan tekun, kesuksesan akan satang

(disarikan dari seminar bisnis kreatif :Ini Bisnis Gue"<>

2 komentar: